Sungguh Mengherankan Orang Kafir Bisa Selamat Dari Mu Namun Saudaramu Sesama Muslim Tidak Bisa Selamat

0

Telah di kisahkan dalam kitab “Bidayah Wa Nihayah” karangan Imam Ibnu Katsir pada juz yang ke 9/336, ketika sedang menjelaskan biografinya Iyaas bin Mu’awiyah Al-Muzni seorang qodhi di kota Basrah dan ulamanya mereka, dan kisah ini di riwayatkan melalui jalur Sufyan bin Husain Al-Wasithi, beliau mengkisahkan ceritanya:

“Pada suatu hari saya pernah mengucapkan kalimat yang buruk kepada seseorang di hadapan Iyaas bin Mu’awiyah Al-Wasithi, beliau adalah seorang qodhi di kota Basrah – dan beliau adalah seorang tabi’in yang di kenal dengan kecerdasan akalnya – (mendengar ucapanku) tadi, beliau lalu melihat ke arah wajahku dengan tajam, seraya mengatakan: “Apakah kamu pernah ikut perang melawan Romawi?

Saya jawab: “Tidak pernah”. Beliau berkata: “Sungguh mengherankan orang-orang Romawi, Sanad, India dan Turki bisa selamat dari mu, kemudian saudaramu yang muslim tidak bisa selamat?!

Sufyan pun berkata, “Setelah kejadian itu saya tidak pernah lagi mengulanginya –yaitu suka mengejek orang lain atau mengghibahnya-“.

Sumber; Mutiara Salaf, Divisi Ilmiah Darul Wathan

Leave A Reply