Shalat Di Dalam Pesawat

0

 

 

Pertanyaan; Bagaimana seorang muslim melakukan shalat dalam pesawat, apakah lebih utama baginya untuk shalat di pesawat pada awal waktu atau menunggu sampai pesawat mendarat pada akhir waktu ?

Jawaban; Wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang berada dalam pesawat untuk melakukan shalat semampunya, jika mungkin baginya untuk shalat dalam keadaan berdiri dan dapat melakukan ruku’ dan sujud maka dia harus melakukannya. Jika tidak terdapat tempat untuk berdiri, dia bisa melakukannya sambil duduk dan memberi isyarat  untuk  ruku’ dan sujud. Jika dia mendapatkan tempat shalat dengan berdiri maka wajib baginya shalat sambil berdiri. Berdasarkan firman Allah, “Bertakwalah kalian kepada Allah semampu kalian”. (Qs. At Taghabun:16).
Dan berdasarkan hadits Rasulallah saw kepada Umran bin Husain ra yang sakit: “Shalatlah dengan berdiri, jika tidak mampu duduklah, jika tidak mampu maka berbaringlah”. (HR. Bukhari dalam shahihnya dari An Nasai dengan sanad yang shahih dan dengan tambahan: “Jika tidak mampu maka berbaringlah”. Yang paling utama baginya adalah shalat diawal waktu, jika dia tunda hingga akhir waktu supaya dapat shalat setelah mendarat, maka tidaklah mengapa berdasarkan umumnya dalil.
Sedangkan hukumnya (shalat) dalam kendaraan, kereta api dan kapal laut, yaitu sama seperti pesawat. Wallahu ‘alam.

 

Leave A Reply