Seputar Ruku’

0

 

 
Pertanyaan; Jika makmum mendapatkan imam dalam keadaan ruku’, apakah yang seharusnya dilakukan makmum saat itu, apakah disyariatkan untuk dapat dikatakan mendapatkan satu rakaat dengan mengatakan ” سبحان ربي العظيم  ” sebelum imam bangun dari ruku’?

Jawaban; Jika makmum mendapatkan imam dalam keadaan ruku’, maka dia mendapatkan satu rakaat walaupun tidak sampai membaca tasbih, kecuali imam sudah terlanjur berdiri, berdasarkan hadirs Rasulallah saw : “Siapa yang mendapatkan satu rakaat dari shalat maka dia telah mendapatkan shalat”. (HR. Muslim dalam shahihnya)
Umum diketahui bahwa rakaat  didapatkan dengan mendapatkan ruku’, berdasarkan hadits Rasulallah saw yang diriwayatkan oleh Bukhari dai Abu Bakrah Ats-Tsaqafi yang meriwayatkan suatu hari beliau datang ke masjid saat nabi dalam keadaan ruku’, maka dia segaera ruku’ sebelum masuk ke dalam shaf (barisan), maka setelah selesai salam,  Rasulallah saw bersabda: “Semoga Allah menambahkan kesungguhan kepadamu dan jangan ulangi lagi”. Beliau tidak memerintahkan untuk mengqadha rakaat tersebut, tetapi cuma melarang untuk mengulangi perbuatannya itu (ruku’ sabelum masuk shaf), maka hendaknya  bagi makmum masbuq jangan tergesa-gesa untuk ruku’ sebelum memasuki barisan.

 

Leave A Reply