Seputar Iqomah

0

 

 
Pertanyaan:
Jika seseorang lupa untuk melakukan iqamah dan kemudian melakukan shalat, apakah hal tersebut akan berpengaruh pada hukum shalatnya baik, dia dalam keadaan sendiri atau bersama jama’ah?

Jawaban:
Jika seseorang shalat sendirian atau berjamaah tanpa melakukan iqamah (sebelumnya), maka shalatnya tetap sah, dan bagi mereka yang melakukannya hendaknya bertaubat kepada Allah.
Begitu juga halnya jika mereka shalat tanpa melakukan azan, maka shalatnya sah, karena azan dan iqamah termasuk fardhu kifayah dan keduanya diluar ketentuan-ketentuan shalat.
Dan bagi siapa yang meninggalkan azan dan iqamah hendaknya bertaubat kepada Allah  atas perbuatannya itu, karena fardhu kifayah jika semua orang meninggalkannya maka seluruhnya akan berdosa, akan tetapi jika sebagiannya melaksanakannya maka gugurlah kewajiban dan dosa bagi yang lainnya, baik dalam keadaan menetap atau sedang bepergian, baik di desa atau kota atau pedalaman. Semoga Allah  memberi taufik kepada seluruh kaum muslimin atas apa saja yang diridhoi-Nya.

 

Leave A Reply