Seni Menerima Kritik

0

(Disarikan dri Nasihat Da’i Idola Kami : Aa’ Gym )

Sejak awal dulu para dokter dan medis kami di adhwaulbayan.or.id selalu mengajarkan untuk memperbaiki sistem berdasar masukan-2 medis/pasien/mitra dakwah pada kegiatan pengobatan atau baksos.
Diantara yg mengena pada kami dlm menerima kritik adalah nasihat da’i idola kami : Aa’ Gym , yg kami ringkaskan sprti dibawah ini:

1.Rindu kritik dan Nasehat
Kita harus memposisikan diri menjadi orang yang rindu dikoreksi, di nasehati, seperti rindunya kita bercermin agar selalu rapi. Kita harus belajar senang mencari kritik dan koreksi dari orang lain.
2.Cari dan Tanya
Pertanyaan yang kita sampaikan kepada teman adalah jangan bertanya,”bagus tidak ?”, Sukseskah saya ?”. Tapi baliklah bertanya,”Apa yang kurang yang harus saya perbaiki?”, “Apa yang mesti saya sempurnakan?” Kesalahan mana yang perlu dikoreksi ? “Apa yang kurang ya ? Belajar bertanya pada orang lain dan nikmati saran-saran yang mereka lontarkan. Miliki teman-teman yang mau jujur mengoreksi kita.
Bertanyalah kepada istri, suami, anak, atau karyawan, karena sikap ini tidak akan mengurangi kemuliaan !
3. Nikmati Kritik
Persiapkan diri untuk menerima kenyatan bahwa koreksi itu tidak selalu sesuai keinginan dengan kita. Ada kalanya isinya benar, caranya salah. Kita harus bersyukur dan bersabar. Ada masanya isinya benar caranya benar. Menyikapi ini kita sangat bersyukur karena nikmat sekali menerima koreksi seperti ini.
Kadang pula terjadi isinya salah, meski caranya benar, kita harus tetap berterima kasih dan memaafkan. Dan yang tidak mustahil adalah isinya salah dan caranya pun, salah ! Maka sikap terbaik adalah memaafkan dan menghadapinya dengan kesabaran
4. Syukuri
Jangan melempar komentar apapun kecuali ucapan terima kasih terhadap orang yang memberi kritik. Tak lupa sertakan namanya dalam do’a kita, semoga Allah membalas kebaikannya yang telah meluangkan waktu untuk membantu memperbaiki diri kita.
5. Evaluasi Diri
Jujur lah pada diri sendiri tentang kritik dan koreksi yang datang. Renungi dalam hati mungkin ini adalah jawaban atas do’a kita untuk minta selalu ditunjuki jalan yang lurus.
6. Perbaiki Diri
Buatlah program perbaikan dengan sungguh-sungguh. Jadikanlah program perbaikan diri sebagai rasa syukur atas kritik yang datang
7. Balas Budi.
Jangan lupa memberikan tanda terima kasih. Bisa barang berharga, makanan kesukaannya, sepucuk surat, atau minimal informasi kepada yang mengkritik bahwa kita berterima kasih atas kebaikannya.

========🔷======🔷=======
YAYASAN ADHWAUL BAYAN (YABA)
“Menebar Dakwah Melayani Ummat”
✅ 👉 *Brand New Profile Video* : https://youtu.be/nEo6nTh6tIE
✅Alamat : jl. Bouroq no: 04. Kel. Karangsari, Kec. Neglasari Tangerang (sampingnya Apotik Pintu Air), Gmap: Apotik Pintu Air: https://goo.gl/maps/X3o1pkqVbCy
✅Cp : 0812 9496 7002 / 081384042994
✅website: www.adhwaulbayan.or.id, email : adhwaulbayan@gmail.com
✅Facebook : facebook.com/AdhwaulBayan
✅Instagram : instagram.com/adhwaulbayan
✅ *Rekening: BSM 7075720925 an. Yayasan adhwaulbayan*

Leave A Reply