RASYID BIN ZUBAIR DAN WANITA KAIRO

0

Rasyid bin Zubair adalah seorang yang mempunyai kharisma yang tinggi. Ia dari keturunan ningrat dan menguasai berbagai ilmu. Namun, sayangnya ia berwajah jelek, kulitnya hitam, bibir tebal, hidung pesek, dan bertubuh pendek.

Suatu ketika ia menceritakan pengalamannya di kota Kairo sebagai berikut:

“Suatu hari aku berjalan-jalan di kota Kairo. Aku bertemu seorang wanita berwajah cantik.Begitu melihatku, aku merasa ia terpesona padaku. Demikian pula dengan aku, sehingga aku lupa diri. Matanya memandang ke arahku, dan itu membuat sekujur tubuhku semakin gemetar terasa panas dingin.”

“Aku ikuti ia yang masuk keluar gang. Akhirnya, ia berhenti di depan sebuah rumah. Sebelum masuk, ia sempat memberiku isyarat mata sambil menyingkapkan kain cadarnya. Aku semakin terlena melihat kecantikan wajahnya yang bagaikan bulan pumama.”

Selanjutnya ia bertepuk tangan seraya memanggil nama, ‘Ayo Halimah, kemarilah!’ Seoranganak kecil perempuan berjalan menuju kearahnya. ‘Kalau kamu ngompol lagi, biar dikremes tuan Qadii nanti!’ ancamnya pada anak kecil itu.

Selanjutnya ia menoleh padaku dan berkata, “Oh, kamu. Mudah-mudahan Allah membalas kebaikanmu karena telah mengantarku.”

Dengan rasa malu aku membalikkan badan, dan segera melangkah entah menuju ke mana.

Sumber:

Mu’ jam al Adibba’, Yaqut

Al-Islam – Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia

Cerita Islami, Syihab

Leave A Reply