POKOK-POKOK PENDIDIKAN SEKS DALAM ISLAM

0

 

 
Pelajaran pertama yang diberikan pada anak dalam Pendidkan seks dalam Islam adalah menanamkan rasa malu pada anak. Dalam arti, anak sejak dini harus diajarkan tentang aurat dan kewajiban menutupnya. Tentunya orang tua juga harus menjelaskan alasan mengapa baik laki-lai maupun perempuan diharuskan menutup aurat dan batasan aurat laki-lai dan perempuan.

Pelajaran kedua adalah menanamkan jiwa maskulinitas pada laki-laki dan feminitas pada perempuan, jangan terbalik yaa …
Disinilah dibutuhkan peran ayah dan ibu  dalam pemberian pendidikan ini. Bukan hanya ibu, tapi juga ayah.
Memang benar para ibu adalah sekolah pertama bagi anak, tapi jangan lupa bahwa ayah adalah kepala sekolahnya !!!
Ayah sebagai kepala keluarga akan diminta pertanggungjawaban Allah terhadap akhlaq anak dan istrinya !
Nah terkait dengan pendidikan seks, baik ayah maupun ibu mempunyai peran sebagai role model (tauladan) bagi anak-anaknya.
Penting untuk memberikan contoh pada anak-anak tentang bagaimana lai-lai dan perempuan itu bersikap.
Pelajaran ketiga adalah memisahkan tenpat tidur mereka. Pada usia tertentu,anak sudah harus dipisahkan tempat tidurnya. Pada prakteknya memang hal ini tidak mudah dilakukan, banyak faktor menjadi kendala antara lain kebiasaan anak tidur bersama orang tua menjadikan anak merasa tidak nyaman kalau tidur tanpa orang tua (tidur sendiri). Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua terkait dengan kondisi ini antara lain menemani anak yang bersangkutan hingga tidur, kemudian meninggalkan anak yang sudah tidur dikamarnya. Atau adanya kondisi rumah yang hanya memiliki 1 kamar / ruangan saja. Dalam kondisi ini yang bisa dilakukan adalah sekurang-kurangnya memisahkan selimut anak atau menutup aurat anak sekalipun sedang tidur, misalnya dengan menggunakan celana panjang ketika tidur dan lain-lain.
Pelajaran keempat adalah mengenalkan waktu berkunjung / masuk ke dalam ruangan pribadi, meminta ijin dalam 3 waktu aurat yaitu sebelum subuh, tengah hari dan setelah isya. Sampaikan pada anak bahwa pada waktu-waktu tersebut adalah waktu istirahat dimana orang pada umumnya menggunakan baju longgar atau terbuka auratnya.
Penting bagi ayah dan ibu untuk juga aware (peduli) / ingat untuk selalu mengunci pintu kamar apabila melakukan hubungan suami isteri pada waktu-waktu tersebut dan pastikan anak-anak sudah tidur.
Pelajaran kelima dalam pendidikan seks anak dalam Islam adalah mendidik anak tentang merawat kebersihan kelamin dan menjaga diri.
Sejak dini anak-anak diajarkan tentang najis dan bagaimana membersihkan tubuhnya agar terbebas dari najis. Anak laki-laki dan perempuan diajarkan oleh kedua orang tuanya sambil diajarkan bahwa alat kelaminnya adalah bagian aurat, sangat pribadi, tidak boleh diperlihatkan, dipertontonkan apalagi dipegang sembangan atau tanpa tujuan yang jelas, antara lain misalnya dokter untuk memeriksa anak yang bersangkutan apabila anak tersebut sakit di daerah kelamin itu pun harus sepengetahuan orang tua.
Terkait dengan menjaga diri, ajarkan anak untuk dapat mengetahui sentuhan yang boleh dan tidak boleh serta sentuhan bahaya. Sentuhan yang boleh adalah sentuhan yang tidak menyakiti sedangkan sentuhan yang tidak boleh dilakukan adalah sentuhan yang menyakiti dan tidak dibenarkan oleh syari’at tentunya.
Sedangkan sentuhan yang berbahaya dalah sentuhan yang sifatnya yang megarah pada tindakan pada pelecehan hingga kekerasan seks.
Tanda-tanda sentuhan yang berbahaya yang dapat diajarkan anak sejak kecil adalah :
1.    Sentuhan / perabaan dilakukan berulang-ulang
2.    Sentuhan / perabaan mengarah pada bagian tubuh pribadi
3.    Disertai bujukan / rayuan
Apabila anak mengalami hal-hal diatas ajarkan anak untuk berteriak dan lari ke keramaian atau tempat ramai, JANGAN AJARKAN ANAK UNTUK SEMBUNYI. Karena posisi anak akan menjadi semakin rentan apabila anak sembunyi. Setelah sampai di keramaian, ajarkan anak untuk dapat menceritakan hal yang dialaminya kepada orang dawasa di sana.
Bantulah anak untuk dapat mengenali tempat-tempat ramai di sekitar kita seperti misalnya pos satpam, warung dan lain-lain.
Mari cegah pelecehan dan kekerasan seks anak mulai sedini mungkin.
Parung Bingung – Depok, 14 Desember 2015
Lucy Herny- Islamic Parenting Consultant
facebook; lucy herny
sms/wa; 0858-8271-8087

 

Leave A Reply