Pertanyaan Seputar Bau Tak Sedap

0

 

 
Pertanyaan; Terdapat hadits shahih yang melarang untuk mendatangi masjid bagi siapa yang memakan bawang merah dan bawang putih atau daun bawang. Apakah termasuk didalamnya apa saja yang menyebabkan bau tidak sedap seperti rokok? Apakah itu artinya bahwa bagi siapa saja yang mengkonsumsinya terdapat alasan untuk tidak shalat berjamaah dan tidak berdosa karenanya?

Jawaban; Terdapat riwayat yang tsabit dari Rasulallah saw, beliau bersabda: “Siapa yang memakan bawang merah atau bawang putih maka hendaknya jangan mendekati masjid kami, hendaklah dia shalat di rumahnya”. Dan sabda beliau: “Sesungguhnya Malaikat merasa terganggu sebagaimana manusia merasa terganggu”.
Apa saja yang mendatangka bau yang tidak sedap, maka hukumnya seperti hukum bawang,  seperti mengisap rokok, begitu juga bagi siapa yang memiliki bau tidak sedap pada ketiaknya atau lainnya yang dapat mengganggu orang disekelilingnya, maka dimakruhkan baginya shalat berjamaah hingga dia menggunakan sesuatau untuk dapat menghilangkan bau tersebut, dan wajib baginya untuk menghilangkan bau tersebut selagi dia mampu agar dapat menunaikan apa yang Allah wajibkan kepadanya berupa shalat berjamaah.
Adapun rokok, maka hukumnya haram secara mutlak, wajib baginya untuk meninggalkannya dalam semua kesempatan karena banyaknya mudharat yang terdapat didalamnya, baik terhadap agama, fisik, dan harta. Semoga Allah memperbaiki keadaan kaum muslimin dan menunjukkan kepada setiap kebaikan.

 

Leave A Reply