Pakaian Shalat Bagi Wanita

0

 

  
      Pertanyaan: Banyak wanita yang menganggap remeh saat melakukan shalat, ada yang tampak pergelangan tangannya atau sedikit darinya, begitu juga dengan kakinya, bahkan kadang sebagian betisnya, apakah shalat seperti itu sah?

      Jawaban: Wajib bagi kaum wanita merdeka dan baligh untuk menutup seluruh badannya dalam shalat, kecuali wajah dan telapak tangannya, sebab semua itu adalah aurat, jika seorang wanita shalat sementara ada yang tampak sedikit dari auratnya, seperti betisnya,  kakinya atau sebagian kepalanya maka shalatnya tidak sah berdasarkan hadits nabi r: “Allah ta’ala tidak menerima shalat wanita yang sudah haidh (baligh) kecuali dengan khimar (penutup kepala /jilbab)”. (HR. Ahmad dan ahlus sunan kecuali an Nasai dengan sanad shahih). Yang dimaksud wanita yang sudah haidh adalah wanita baligh. Juga berdasarkan hadits Rasulallah sholaulohu alaihi wassalam: “Wanita adalah aurat”.
Juga berdasarkan riwayat Abu Daud rahimahullah dari Ummu Salamah radhiallahu anha, dari Rasulallah sholaulohu alaihi wassalam, dia (Ummu Salamah) bertanya kepada Rasulallah r tentang wanita yang shalat dengan mengenakan baju dan kerudung tanpa mengenakan kain, maka beliau bersabda: “jika bajunya lebar dan menutup kedua kakinya (maka shalatnya sah)”. Al Hafidz Ibnu Hajar berkata dalam kitab Bulughul Maram, para imam membenarkan mauqufinya hadits ini kepada Ummu Salamah. Jika terdapat orang yang bukan muhrim didekatnya maka dia wajib jujga menutup wajah dan kedua telapak tangannya.

 

Leave A Reply