Menjaga Kelestarian Ukhuwah

0

Maknanya adalah melestarikan persaudaraan dengannya, menjaga dan merawatnya dengan cara meninggalkan maksiat semaksimal mungkin. Sebab, maksiat dapat memisahkan antara dua orang mukmin yang bersaudara dan saling mencintai. Hal itu dikarenakan buruknya maksiat, sebagaimana sabda rasulullah shollaullohu alaihi wassalam:

Tidaklah dua orang saling mencintai karena Allah lalu keduanya terpisah, melainkan karena dosa yang dilakukan oleh salah satu dari keduanya.[1]

Berapa banyak, persahabatan yang kandas dan rusak disebabkan maksiat. Sebab, ruh-ruh itu ibarat tentara yang terlah dipersiapkan. Selama salah seorang dari dua sahabat tidak bertakwa, niscaya kawannya yang bertakwa pasti akan membencinya suatu saat nanti jika ia tetap mempertahankan maksiatnya.

Dikutip dari: Ensiklopedi Adab Islam 1; Abdul Aziz bin Fathi As-Sayyid; Pustaka Imam Asy-Syafi’i

[1] Penggalan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad (II/68) dari Ibnu Umar radhiallahu anhu. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad (401) dari Anas radhiallahu anhu. Silahkan lihat kitab Shahihul Adabul Mufrad karya Al-Albani (310).

Leave A Reply