Mengabarkan Kepada Saudaranya Bahwa Ia Mencintainya Karena Allah

0

Hendaknya seorang muslim mengabarkan kepada saudaranya bahwa ia mencintainya karena Allah. Hal ini merupakan sebab yang dapat mendatangkan cinta dan menambah keakraban, berdasarkan sabda rasulullah shollaullohu alaihi wassalam:

Jika salah seorang dari kalian mencintai saudaranya, hendaklah ia memberitahukan kepadanya bahwa ia mencintainya.[1]

Bahkan, disunnahkan agar ia mendatangi rumah saudaranya tersebut guna mengabarkan hal itu, berdasarkan sabda rasulullah shollaullohu alaihi wassalam:

Jika salah seorang dari kalian mencintai sahabatnya, hendaklah ia mendatangi sahabatnya tersebut di rumahnya dan mengabarkan kepadanya bahwa ia mencintainya karena Allah.[2]

Sungguh, betapa indahnya adab ini! Betapa besar pengaruhnya di dalam jiwa! Namun, betapa sedikit orang yang melakukannya!

Selayaknya seorang muslim tidak merasa segan atau malu untuk menghidupkan sunnah nabi musthofa (yang terpilih) shollaullohu alaihi wassalam, menyebarkannya, dan menampakkannya di tengah-tengah manusia. Bahkan, ini merupakan amal shalih yang sangat agung yang akan terus mengalirkan pahala baginya.

Dikutip dari: Ensiklopedi Adab Islam 1; Abdul Aziz bin Fathi As-Sayyid; Pustaka Imam Asy-Syafi’i

[1] HR. Ahmad (IV/130), Abu Daud (5124), Al-Hakim (IV/171) dan Ibnu Hibban (569) dalam Al-Ihsan dari Al-Miqdam. Lihat kitab Shahihul Jami’ (281).

[2] HR. Ahmad (V/145) dari Abu Dzar, lihat kitab Shahihul Jami’ (281).

Leave A Reply