Memberi Petunjuk Kepada Kebenaran

0

Termasuk amal-amal salih yang dapat dilakukan oleh seorang muslim yang jujur ialah, menunjukkan jalan kebenaran dan tidak memusnahkan atau memalingkan kebaikan itu dari siapapun serta tidak menutup-nutupi persoalan yang membawa manfaat bagi makhluk, sebab ia tahu benar bahwa menunjukkan jalan kebenaran merupakan amal yang mendapat pahala, seperti sabda rasulullah,

Barangsiapa menunjukkan jalan kebaikan, maka baginya  pahala sebesar pahala yang melakukannya. (HR. Muslim dan Abu  Daud)

Sebab itu hendaknya seorang muslim menjauhkan dirinya dari hal dan perbuatan yang dapat memusnahkan amal baiknya seperti keinginan untuk dipuji dan menonjolkan diri agar dikenal. Jika hal-hal seperti itu mampu disingkirkannya, maka kebaikan akan menyebar secara merata dalam masyarakat.

Kenyataan menunjukkan bahwa dalam mengajarkan kebaikan rasa segan dan takut akan mendominir manusia, sehingga mereka tidak berani menyampaikan kebaikan pada penguasa zalim. Hal itu didukung oleh sikap pemerintah yang mempersulit jalannya dakwah dengan berbagai cara, misalnya menekan kehidupan para dai dan mempersulit ruang geraknya. Masyarakat dilarang menyampaikan dan menganjurkan kebaikan, apalagi terhadap penguasa. Mereka harus diam dan tutup mulut jika melihat kezaliman di depan matanya. Dalam masyarakat seperti ini kebaikan tidak mungkin akan tegak.

Sesungguhnya seorang muslim sejati ialah orang yang mengharapkan keridhaan Allah dan pahala dari-Nya, dia tidak mempedulikan hambatan kecil semacam itu, dia akan tetap menyampaikan ilmunya dan menganjurkan manusia kepada kebaikan, meskipun dia akan berhadapan dengan penguasa zalim, karena bagi seseorang yang menginginkan kebaikan dunia-akhirat dan condong kearah kebenaran, ia tidak akan ragu untuk menyampaikan atau menerima seruan kebenaran, meskipun dia akan mengalami hambatan dan gangguan dari musuh-musuh islam, karena hatinya telah dipenuhi cahaya ilahi.

Dikutip dari: DR. Muhammad Ali Hasyimi; Apakah Anda Berkepribadian Muslim?; Gema Insani Press

 

Leave A Reply