Khalifah Manshur dan Dokter Pribadinya

0

 

 
Georgeus Bukhtisyu, seorang pendeta Nasrani Nestorian adalah dokter pribadi khalifah Manshur bin Harun Ar-Rasid. Ia mempunyai seorang istri yang sudah tua dengan wajah yang tidak menarik. Khalifah iba melihatnya. Ia menawarkan tiga orang perempuan untuk menjadi isterinya. Tetapi tawaran ini ditolah sambil mengatakan, “Agama saya tidak membolehkan saya mengawini perempuan lain kecuali jika isteri saya sudah meninggal.”

Dalam keadaan sakit parah, khalifah menjenguknya dan memerintahkan pengawalnya untuk membawa dia  ke balai kerajaan agar dia bisa istirahat dengan tenang di sana.
Sebelum pulang khalifah membujuknya masuk Islam yang akan menjaminnya masuk surga. Sang pendeta nasrani dengan suara lirih menjawab, “Aku sudah rela bersama keyakinan dan tempat nenek-moyangku, entah nanti masuk surga atau masuk neraka, aku tidak peduli.
Khalifah tertawa kecil tetapi penuh kekaguman atas keyakinannya sekaligus menghargainya. Dia lalu memberinya biaya pengobatan sepuluh ribu dinar. Ketika beberapa hari kemudian dia meninggal dunia, khalifah datang lagi untuk memberinya penghormatan terakhir dan sekali lagi memerintahkan pengawalnya untuk membawa dia  ke makam keluarganya sebagaimana permintaan dia kepada khalifah menjelang kematiannya.
Dikutip dari Belajar Dari Kisah Kearifan Sahabat.

 

Leave A Reply