Keluarkan Uang Yang Bukan Hakmu

0

Di sebutkan sebuah kisah dalam kitab “Uyunul Akhbar” karangan Ibnu Qutaibah juz 1/116 tentang kepemimpinan khalifah Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘anhu, berikut kisahnya:

Kisah ini di riwayatkan dari Isma’il bin Abu Khalid dari Ashim, beliau berkata, “Adalah Umar bin Khattab jika beliau mengutus seorang pegawai, maka beliau memberi empat syarat kepadanya; supaya tidak menaiki Al-Baraadziin1 tidak memakai pakaian yang tipis menerawang, tidak memakan makanan An-Naqo2 dan yang terakhir tidak mengambil pengawal yang bertugas membukakan pintunya.

Pada suatu hari Umar bin Khattab lewat pada sebuah bangunan yang di bangun dengan batu dan di tembok (yang indah), maka beliau bertanya pada orang-orang yang berada di sekelilingnya: “Rumah siapakah ini?” Mereka menyebutkan bahwa rumah tersebut adalah milik pegawainya yang biasa beliau utus ke negeri Bahrain. Maka berkatalah Umar: “Apakah dia telah memotong dirham yang saya amanatkan, hitunglah kekayaannya lalu bagilah menjadi dua”.

Sumber; Mutiara Salaf, Divisi Ilmiah Darul Wathan

———————————–

  1. Al-Baraadziin adalah jama’ dari Bardzun dengan di kasrah huruf ba, yaitu hewan tunggangan atau kuda keturuanan, ada juga yang mengatakan perkawinan antara kuda dengan keledai yaitu bighol.
  2. An-Naqo yaitu tulang sum-sum.

Leave A Reply