Gubernur Memikul Rumput

0

 

Selama beberapa waktu, Salman menjadi gubernur di salah satu kota Syam. Sikap dan perilakunya semasa menjabat sebagai gubernur dan sebelum menjabat sama sekali tidak berbeda. Bahkan, dia senantiasa mengenakan pakaian sederhana, berjalan kaki dan mencari nafkah untuk kehidupan sendiri.

Suatu hari, Salman berangkat ke pasar dan melihat seorang lelaki yang tengah membeli rumput pakan ternak dan menunggu orang yang akan membawakannya ke rumah. Salman menghampiri lelaki tersebut, tetapi ia tidak mengenalinya. Salman bersedia membawakan rumput itu hingga ke rumahnya tanpa meminta ongkos.
Lelaki itu segera meletakkan rumput ke punggung Salman yang segera berjalan menuju rumahnya. Di tengah jalan, seorang lelaki datang menghampiri Salman dan berkata, “Wahai amir, rumput ini hendak anda bawa ke mana?” Si lelaki itu sadar bahwa orang yang membawakan barangnya adalah Salman.
Dia segera berlutut dan berkata, “Maafkan saya karena tak mengenal anda.” Salman menjawab, “Saya harus mengantarkan barang ini hingga ke rumahmu.” Setelah sampai, Salman berkata, “Sekarang, saya telah menepati janji. Engkau berjanjilah untuk tidak mempekerjakan seseorang tanpa upah dan sesuatu yang mampu kau bawa sendiri takkan menjatuhkan wibawamu.”
Dikutip dari Belajar Dari Kisah Kearifan Sahabat.

 

Leave A Reply