Faedah Surat Al Hujurat : 6

0

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا 
فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu (QS. al Hujurat: 6)

وقد دلت هذه الآية من سورة الحجرات على أمرين:

الأول منهما: أن الفاسق إن جاء بنبإ ممكن معرفة حقيقته، وهل ما قاله فيه الفاسق حق أو كذب فإنه يجب فيه التثبت.

والثاني: هو ما استدل عليه بها أهل الأصول من قبول خبر العدل لأن قوله تعالى: {إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُواْ} بدل بدليل خطابه، أعني مفهوم مخالفته أن الجائي بنبإ إن كان غير فاسق بل عدلاً لا يلزم التبين في نبئه على قراءة: فتبينوا. ولا التثبت على قراءة: فتثبتوا، وهو كذلك.

وأما شهادة الفاسق فهي مردودة كما دلت عليه آية النور المذكورة آنفاً.
Dan ayat dalam surat al Hujurat ini menunjukkan 2 hal: 
Pertama: Jika ada seorang fasiq yg membawa berita yang mungkin bagi kita untuk mengetahui hakekatnya, apakah yg dibawa oleh si Fasiq ini benar atau dusta, maka wajib untuk melakukan verifikasi.
Kedua: sebagaimana yg dijadikan dalil oleh para ahli ilmu Ushul tentang diterimanya berita dari orang yg adil, yaitu karena firman Allah ta’ala yg artinya: ” ..jika datang orang fasiq kepadamu membawa berita, maka periksalah dgn teliti…” menunjukkan dgn pemahaman atas kebalikannya bahwa jika yg datang bukan orang fasiq tetapi adlh orang yg adil maka tidak perlu tabayyun terhadap berita yg dibawanya jika memakai qiroah فتبينوا dan tidak perlu melakukan penelitian, jika memakai Qiroah فتثبتوا .
Sedangkan Kesaksian orang Fasiq adalah tertolak, sebagaimana yg telah ditunjukkan dalam surat an Nuur. 
(Tafsir Adhwaul Bayan fi Idhohil Qur’an bil Qur’an).
Abu Salman Abdirrahman

Leave A Reply