Diantara Etika Bersin

0

     Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu  dari Nabi shollaullohu alaihi wassalam, Beliau bersabda : “ Jika salah seorang dari kamu bersin hendaklah mengucapkan : Al-Hamdulillah” Hendaklah saudaranya atau temannya menjawab :“Yarhamukallah” (semoga Allah mengasihimu), dan jika saudaranya mengucapkan “Yarhamukallah” maka hendaklah ia mengucapkan : “Yahdikumullah wa yuslihu balakum”, (Semoga Allah menunjukimu dan memperbaiki kondisimu)”.  (HR. Bukhari)([1])

Perawi Hadits.

Dia adalah Abdul Rahman bin Sakhr Ad-Dausy radhiallahu anhu, masuk Islam pada tahun perang khaibar  7 H, senantiasa menyertai Rasulullah shollaullohu alaihi wassalam karena kecintaannya terhadap ilmu dan tergolong sahabat yang paling banyak menghafal hadits.

Makna Hadits Secara Global .

     Dalam hadits ini terdapat dalil akan agungnya ni’mat Allah atas orang yang bersin. Hal itu diambil dari kebaikan yang mengikutinya. Dalam hadits juga mengandung isyarat akan keagungan karunia Allah atas hamba-Nya dimana Allah menghilangkan bahaya dengan nikmat bersin ini, kemudian diperintahkan baginya untuk bertahmid yang diberikan pahala karena mengucapkannya. Kemudian mendoakan kebaikan bagi siapa yang menjawab setelah do’anya dengan kebaikan baginya.

     Oleh karena bersin itu telah mendatangkan nikmat dan manfaat dari bersinnya dengan keluarnya udara yang tertahan di otak yang mana jika tetap berada di dalamnya akan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang menyusahkan. Maka Allah mensyariatkan untuk bertahmid atas nikmat ini bersamaan anggota tubuhnya masih tetap pada posisinya setelah terjadi goncangan yang mana goncangan bagi tubuh tersebut layaknya goncangan gempa bagi bumi  .

Faedah Yang Bisa Diambil dari Hadits.

  1. Melirihkan suara saat bersin sedapat mungkin.
  2. Menaruh tangan atau tissue di mulut saat bersin.
  3. Orang yang bersin mengucapkan “Al-Hamdulillah” ketika selesai bersin.
  4. Ucapan “Yarhamukallah” (semoga Allah mengasihimu) untuk orang yang bersin yang mengucapkan Hamdalah.
  5. Ucapan “Yahdikumullah wa yushlihu baalakum” (semoga Allah senantiasa menunjukimu dan memperbaiki kondisimu) bagi yang mengucapkan “Yarhamukallah”.
  6. Anjuran untuk mendoakan orang yang bersin yang mana akan didapatkan rasa cinta dan persatuan diantara kaum muslimin.

Dikutip dari: Hadits Level Pertama; Islamic Propagation Office In Rabwah.

([1] ) Shohih Bukhori hadits no : 5989.

Leave A Reply