Dapat menyertai Nabi SAW di Jannah, sbg obsesi tertinggi

0

Dari Abu Firos Robiah bin Kaab al aslami khodim Rosulullah صلى الله عليه و سلم، salah satu ahlush shuffah berkata: Saya tinggal bersama Rosulullah صلى الله عليه وسلم lalu saya bawakan kpdnya air dan kebutuhan lainnya, lalu beliau berkata : Mintalah kpdku. Lalu aku berkata : Aku minta kpdmu menyertaimu di jannah. Lalu dia juga berkata: Apa ada yg lainnya? Aku katakan : Itu saja. Beliau bersabda :

فأعني على نفسك
بكثرة السجود
Kalau begitu bantulah aku dgn memaksa dirimu untuk memperbanyak sujud.
HR Muslim

Penjelasan :

1. Hendaklah seorang muslim memiliki himmah aliyah (obsesi tertinggi)untuk mendapatkan jannah, bukan dunia.

2. Wajib bagi setiap muslim untuk jihadun nafs yaitu jihad melawan jiwa yg menyuruh kpd kejelekan. Yg dgnnya dia bisa melaksanakan amalan faridhoh dan nafilah, meninggalkan muharromat, makruhat dan syubhat.

3. Hadis diatas menunjukan keutamaan sholat dan salah satunya adalah sujud. Krn posisi sujud lebih mendekatkan diri kpd Rob.

4. Jangan sholat bersama setan.

Kita harus jihadus syaithon krn ia selalu mempermainkan kita ketika sholat, sehingga sholat kita tdk khusu’. Wajib bagi kita menegakan sholat dhohiron wa bathinan. Maksud dhohiron yaitu menjaga isbaghul wudhu’, waktu sholah, thumakninah dlm i’tidal, rukuk dan sujud.

Adapun maksud dari bathinan yaitu menegakan khusyu’ sebagai ruh sholah. Hal itu dgn menghadirkan hati, memahami dan memikirkan apa yg dibaca dan menghayati gerakan sholat.

5. Jagalah sholat rowatib dan tahajud yg ditutup dgn witir niscaya:
a. Allah akan meninggikan derajat dgnnya baik di dunia maupun akhirat.

b. Allah akan menutupi kesalahanmu yg dgnnya hilanglah apa yg kita benci dan khawatiri (diselamatkan dari neraka) dan kita akan mendapatkan apa yg kita inginkan (dimasukkan janah).
اللهم و فقنا للاعمال الصالحة
Ya Allah berilah taufik (kemudahan dan gampangan) kpd kami untuk beramal sholeh.
والله أعلم
=====================================

Leave A Reply