BERSIKAP JUJUR

Summit of the Gross Glockner, Austria, at sunrise
0

Kejujuran selalu melekat pada pribadi muslim. Ajaran Islam yang telah menjadi bagian hidupnya mengajarinya bahwa kejujuran nrcrupakan puncak segala keutamaan, dan asas kemuliaan ahlak. Kejujuran pada gilirannya akan membimbing manusia kearah kebaikan, mengantarkan manusia ke surga. Sebaliknya, dusta membawa manusia menuju kezaliman dan kejahatan, menyeret ke dalam api neraka dan siksa. Rasulullah SAW telah bersabda:

“Sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan kepada kebajikan, dan sesungguhnya kebajikan itu akan mengantarkan ke surga. Dan seseorang senantiasa berkata benar dan jujur hingga tercatat di sisi Allah sebagai orang yang benar dan jujur. Dan sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan yang akhirnya akan mengantarkan ke dalam neraka. Dan seseorang senantiasa berdusta hingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta. ” (HR Bukhari-Muslim)

Seorang muslim yang benar akan selalu menghias dirinya dengan kejujuran di dalam setiap ucapan dan amalan. Demikian itu merupakan martabat yang tinggi dan mulia. Disisi Allah, manusia seperti itu dicatat sebagai manusia yang jujur lagi benar.

  1. Muhammad Ali Hasyimi; Apakah Anda Berkepribadian Muslim?; Gema Insani Press

Leave A Reply