Berkumpul Ketika Singgah Untuk Beristirahat

0

Jika para musafir singgah pada suatu tempat untuk beristirahat, maka disunnahkan bagi mereka berkumpul dan tidak berpencar-pencar.

Tujuannya adalah agar tidak ada seorang pun anggota rombongan yang terkena gangguan ataupun mudharat. Maksudnya, mendapat gangguan dari syaitan, manusia lain, atau hewan yang menyakiti dan yang lainnya. Oleh karena itu, hendaklah mereka saling berdekatan sebisa mungkin. Dahulu pada jaman nabi shollaullohu alaihi wassalam, orang-orang berpencar-pencar di lembah-lembah dan kaki bukit apabila singgah pada suatu tempat. Maka nabi shollaullohu alaihi wassalam bersabda kepada mereka:

Sesungguhnya berpencarnya kalian di lembah-lembah dan kaki bukit adalah dari syaitan. Tidaklah setelah itu, jika mereka singgah pada suatu tempat melainkan mereka akan berkumpul satu sama lainnya. Sampai-sampai, bisa dikatakan kalaulah dibentangkan atas mereka kain, niscaya akan cukup untuk menampung mereka semua.[1]

Ini adalah sunnah yang sangat agung dan indah, yang padanya terdapat kebaikan yang sangat banyak bagi siapa yang mengerjakannya.

Dikutip dari: Ensiklopedi Adab Islam 2; Abdul Aziz bin Fathi As-Sayyid; Pustaka Imam Asy-Syafi’i

[1] HR. Ahmad (IV/193), Abu Daud (2628), dan Al-Hakim (II/115) dan dishahihkannya serta disetujui oleh Adz-Dzahabi dari Abu Tsa’labah Al-Khasyani. Lihat kitab Shahih Abi Daud (2288).

Leave A Reply