๐Ÿ‘‰Menolong Agama Allaah?

0

 

ย 
Terkadang kita yg sedang semangat mengaji terselip rasa ingin tahu apa iya sih kita disuruh “menolong agama Allaah”?…,mungkin ini hanya provokasi-nya aktifis garis keras itu ya?…memangnya ada perintahnya dalam Qur’an?…mari kita lihat untaian penjelasan singkat berikut ini :

ูŠุงุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆุง ูƒููˆู†ููˆุง ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนููŠุณูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ ู„ูู„ู’ุญูŽูˆูŽุงุฑููŠูู‘ูŠู†ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุญูŽูˆูŽุงุฑููŠูู‘ูˆู†ูŽ ู†ูŽุญู’ู†ู ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู
Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah sebagaimana `Isa ibnu Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: โ€œSiapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?โ€ Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: โ€œKamilah penolong-penolong agama Allahโ€. (As-Shaff)
Ayat diatas memerintahkan untuk menjadi penolong agama Allah,
Kemudian Allah Swt berfirman :
ูˆูŽู„ูŽูŠูŽู†ุตูุฑูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽู† ูŠูŽู†ุตูุฑูู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู„ูŽู‚ูŽูˆููŠูŒู‘ ุนูŽุฒููŠุฒูŒ
Artinya : โ€œSesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa,โ€ (QS. Al Hajj : 40)
Ath Thobari mengatakan bahwa makna dari โ€œSesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya.โ€ Yaitu Allah swt pasti meonolong orang-orang yang berperang di jalan-Nya agar kalimat-Nya tinggi terhadap musuh-musuh-Nya. Maka makna pertolongan Allah kepada hamba-Nya adalah bantuan-Nya kepadanya sedangkan makna pertolongan hamba-Nya kepada Allah adalah jihad orang itu dijalan-Nya untuk meninggikan kalimat-Nya.โ€ (Tafsir At Thobari juz XVII hal 651)
Sedangkan al Qurthubi mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang menolong agama dan nabi-Nya. (al Jamiโ€™ li Ahkamil Qurโ€™an juz XII hal 386)
ูˆูŽู„ููŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽู† ูŠูŽู†ุตูุฑูู‡ู ูˆูŽุฑูุณูู„ูŽู‡ู ุจูุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู‚ูŽูˆููŠูŒู‘ ุนูŽุฒููŠุฒูŒ
Artinya : โ€œdan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya. Padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha Perkasa.โ€ (QS. Al Hadid : 25)
Ibnu Katsir mengatakan bahwa makna โ€œdan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya Padahal Allah tidak dilihatnya.โ€ Orang yang menolong Allah swt dan Rasul-Nya dengan memiliki keinginannya membawa senjata. โ€œSesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha Perkasa.โ€ adalah Dia swt menolong orang yang menolong-Nya yang sebetulnya Dia swt tidak membutuhkan pertolongan dari manusia. Adapun disyariatkannya jihad adalah untuk menguji sebagian kalian dari sebagian yang lain.โ€ (Tafsir Ibnu Katsir juz VIII hal 28)
๏€คูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฅูู† ุชูŽู†ุตูุฑููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูŽู†ุตูุฑู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูุซูŽุจูู‘ุชู’ ุฃูŽู‚ู’ุฏูŽุงู…ูŽูƒูู…ู’
Artinya : โ€œHai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.โ€ (QS. Muhammad : 7)
Dalam Tafsir Thobary dijelaskan bahwa yang dimaksud menolong Allah adalah menolong atau membantu Rosululloh dalam menyampaikan risalahnya,dan membantu Rosul dalam menghadapi musuh musuhnya
Berikut tafsir yang sama dalam Fathul Qodir
ุซู… ูˆุนุฏู‡ู… ุณุจุญุงู†ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุตุฑ ุฏูŠู†ู‡ ุจู‚ูˆู„ู‡ : ูŠุง ุฃูŠู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง ุฅู† ุชู†ุตุฑูˆุง ุงู„ู„ู‡ ูŠู†ุตุฑูƒู… ุฃูŠ : ุฅู† ุชู†ุตุฑูˆุง ุฏูŠู† ุงู„ู„ู‡ ูŠู†ุตุฑูƒู… ุนู„ู‰ ุงู„ูƒูุงุฑ ูˆูŠูุชุญ ู„ูƒู… ุŒ ูˆู…ุซู„ู‡ ู‚ูˆู„ู‡ : ูˆู„ูŠู†ุตุฑู† ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ูŠู†ุตุฑู‡ .
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php…
– Tafsir Baghowi
( ูŠุง ุฃูŠู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง ุฅู† ุชู†ุตุฑูˆุง ุงู„ู„ู‡ ) ุฃูŠ ุฏูŠู†ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ( ูŠู†ุตุฑูƒู… ) ุนู„ู‰ ุนุฏูˆูƒู… ( ูˆูŠุซุจุช ุฃู‚ุฏุงู…ูƒู… ) ุนู†ุฏ ุงู„ู‚ุชุงู„
Menolong Allah dengan menegakkan agama dan membantu rosulNya
Kemudian Allah berfirman lagi dlm bbrp surat berkenaan dg menolong agagama Allah sebagai berikut:
QS. 47:7. Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
QS.57:25. dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
QS. 22:40. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa
Waallahua’lam bi showab

 

Leave A Reply