Wanita Tidak Bersafar Kecuali Disertai Mahramnya

0

Wanita yang melakukan safar tanpa disertai mahram hukumnya haram dan dilarang. Rasulullah shollaullohu alaihi wassalam bersabda:

Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir bersafar selama satu hari satu malam kecuali disertai mahramnya.[1]

Mahram di sini adalah mahram selama-lamanya, seperti ayah, saudara kandung laki-laki, anak, saudara dari persusuan dan yang sejenisnya. Oleh karena itu, suami dari saudara perempuan, saudara laki-laki dari suami, anak paman dan sejenisnya, mereka tidaklah dipandang sebagai mahram sehingga dihalalkan bersama mereka. Ini adalah masalah yang sangat berbahaya yang telah diperingatkan oleh para ulama.

Wanita pada saat safar lebih lemah daripada saat mukim. Kadang-kadang, ada yang berniat buruk kepada dirinya atau berani mengganggunya jika ia tidak disertai dengan mahramnya. Terkadang juga ia membutuhkan bantuan atau ia berada dalam suatu masalah yang dibutuhkan keberadaan mahram ketika itu. Hendaklah seorang wanita tidak melakukan kesalahan seperti ini.

Dikutip dari: Ensiklopedi Adab Islam 2; Abdul Aziz bin Fathi As-Sayyid; Pustaka Imam Asy-Syafi’i

[1] HR. Al-Bukhari (1088) dan Muslim (1339) dari Abu Hurairah radhiallahu anhu.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.