Menunjuk Seorang Pemimpin Bagi Rombongan

0

Menunjuk seorang pemimpin bagi rombongan merupakan adab islami yang sangat tinggi. Adab ini memiliki banyak keutamaan yang hanya Allah sajalah yang mengetahuinya.

Berapa banyak orang yang merugi karena berselisih, bahkan berpecah-belah disebabkan ketiadaan pemimpin dalam safar mereka.

Kadang-kadang timbul perselisihan di antara para rombongan, maka seorang pemimpin memilih bagi mereka apa yang terbaik sehingga urusan mereka berjalan lancer di dalam perjalanan. Rasulullah shallaullohu alaihi wassalam memerintahkan hal itu, beliau shollaullohu alaihi wassalam bersabda:

Jika tiga orang keluar di dalam sebuah perjalanan, hendaklah mereka menunjuk salah seorang dari mereka untuk menjadi pemimpin.[1]

Namun, sebaiknya seorang pemimpin adalah orang yang paling utama di antara rombongan, yang paling baik agama dan akalnya, yang paling santun, yang paling tabah, yang paling lembut, yang paling bijaksana, dan yang paling berpengalaman. Sebab, orang yang demikian akan lebih dekat kepada kebenaran dan lebih mampu memilih yang lebih baik.

Dikutip dari: Ensiklopedi Adab Islam 2; Abdul Aziz bin Fathi As-Sayyid; Pustaka Imam Asy-Syafi’i

[1] HR. Abu Daud (2608), Abu Awanah (v/117) dan Adh-Dhiyaa di dalam Al-Mukhtaarah dari Abu Sa’id radhiallahu anhu. Lihat kitab Shahiihul Jaami (500).

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.