Balasan orang bertaqwa

0

Allah berfirman:

يأيها الذين آمنوا ٱتقوا ٱلله و قولوا قولا سديدا.
يصلح لكم أعمالكم و يغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله و رسوله فقد فاز فوزا عظيما Hai orang yg beriman, bertaqwalah kamu kpd Allah dan katakanlah perkataan yg benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amal-amalmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu.Dan barangsiapa mentaati Allah dan RosulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yg besar.
Al ahzab 70-71

Penjelasan:

1. Allah memerintahkan kpd orang-orang beriman agar bertaqwa kpdNya dlm semua keadaan, dlm keadaan sendirian dan keramaian.

2. Allah juga memerintahkan kpd mereka secara khusus untuk berkata dgn perkataatn yg benar yaitu perkataan yg sesuai dgn kebenaran seperti membaca al quran, memerintah yg makruf dan melarang yg munkar, belajar ilmu dan mengajarkannya, ambisi agar sesuai dgn kebenaran dlm masalah ilmiyah dan berjalan setiap jalan yg sampai kpdnya, dan setiap wasilah yg menolong atasnya. Dan termasuk perkataan yg benar yaitu lemah lembut dlm percakapan dlm berbicara dgn manusia, dan perkataan yg mencakup nasehat dan isyarat yg membawa maslahat.

3. Kemudian Allah menyebutkan balasan atas ketaqwaan dan perkataan yg benar yaitu :
a. Allah akan memperbaiki amal-amal kalian.

Karena taqwa adalah sebab baiknya amal dan jalan diterimanya amal.

Dengan taqwa Allah akan memberikan taufik (memudahkan/gampangan) untuk beramal soleh.

Dengan taqwa Allah memperbaiki amal dgn cara menjaganya dari hal-hal yg bisa merusaknya, menjaga balasannya dan melipat gandakannya.

b. Allah akan memberi ampunan bagi kalian atas dosa-dosa yg menjadi sebab kebinasaannya.

c. Dgn taqwa Allah akan memberi kemenangan dan keberuntungan yg besar yaitu selamat dari neraka dan dimasukan surga/janah.

اللهم إني أسألك الهدى و التقى و العفاف و الغنى Ya Allah sesungguhnya aku mohon kpdMu petunjuk, ketaqwaan, terpelihara diri dari dosa dan kekayaan/kecukupan.
والله أعلم

Oleh : Muqimuddin Sholih

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.