Amanah

0
Amanah  adalah salah satu akhlak yang agung dari sekian banyak akhlak dan prinsip islam, susunanya sedikit tapi sarat dengan makna. Banyak ayat maupun hadits yang menyebutkan tentangnya, antara lain:

Firman Alloh yang artinya : 

“Sesungguhnya Alloh menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya….QS:An-Nisa :58
Artinya : “Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya.”  QS: Al-Mukminun: 8.
Sabda Rosullulloh :
“Tunaikanlah amanah kepada orang yang menaruh kepercayaan kepadamu, dan janganlah berlaku khianat kepada orang yang telah mengkhianatimu.” HR. At-Tirmidzi.
Selain itu, Al-Quran juga telah memberikan dorongan untuk menunaikan amanah, setelah manusia mau memikul  amanah ini dikarenakan kebodohan mereka tentang hakikat amanah.
Alloh berfirman yang artinya : “Sesungguhnya kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanah  itu dan mereka khawatir akan menghianatinya,dan dipikullah amanah itu oleh manusia.Sesungguhnya manusia itu amat zolim dan amat bodoh” QS: Al-Ahzab : 72.
MACAM-MACAM AMANAH
Imam Ar-Razy berkata, “ketahuilah, bahwasanya muamalah seseorang ada tiga : muamalah dengan Robbnya, dengan sesama hamba, ataupun dengan dirinya sendiri. Sikap amanah harus tetap dilakukan dalam ketiga bagian tersebut.”
1. Amanah kepada Alloh.
Amanah kepada Allah dilakukan dengan melaksanakan apa yang diperintahkanNya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya. Manusia itu tidak diciptakan, kecuali untuk beribadah kepadaNya dan mentauhidkan-Nya.
Alloh berfirman:
Artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” QS: Adz-Dzariyat :56.
2. Amanah kepada sesama hamba
Amanah kepada sesama hamba  ialah mengakui semua hak orang-orang yang memilikinya, menjaga hak-hak tersebut untuk mereka, dan menyampaikan hak-hak tersebut kepada mereka tanpa mengurangi sedikitpun. Pada kehidupan manusia, hak-hak ini memiliki bentuk yang bermacam-macam dan setiap bentuk memiliki amanah yang sesuai dengannya. Contohnya, amanah dalam bentuk harta yang berupa titipan. Bentuk amanahnya, menjaganya dan menyampaikan zatnya kepada pemiliknya.
3. Amanah kepada diri sendiri
Seluruh anggota badan kita adalah amanah. Mata , telinga, mulut, perut, hidung, tangan, kaki atau seluruh anggota badan yang Nampak serta seluruh yang kita lakukan, semuanya adalah amanah yang ada dipundak kita. Apabila kita menyibukkan anggota tubuh tersebut untuk mentaati Alloh berarti kita telah berlaku amanah, namun jika kita pergunakan untuk maksiat berarti kita telah berlaku khianat.
Diri kita adalah kepunyaan pencipta kita, sehingga, diri kita tidak punya hak untuk mengarahkan kepada apa saja yang kita inginkan,misalnya : makan minum yang merusak badan, memotong atau merusak sebagian anggota badan, apalagi sampai bunuh diri.
Firman Alloh:
“ Pada hari (ketika ), lidah, tangan, kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” QS: An-Nur :24.
Semoga Alloh memberikan kemampuan untuk bisa menjalankan semua amanah-amanah tersebut.  Aamiin.
Wallahua’lam.
Tangerang, 20 Rajab 1435 H.
Abu Uwais Al-Qudsy.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.