Allah Maha Kaya

0

Dari nabi صلى الله عليه وسلم dlm apa yg beliau riwayatkan dari Allah تبارك وتعالى bahwa Dia berfirman:
يا عبادي، لو أن أولكم و أخركم، و إنسكم و جنكم، كانوا على أتقى قلب رجل واحد منكم مازاد ذالك في ملكي شيئا Wahai hambaKu, seandainya orang yg paling awal hingga yg paling akhir dari kalangan manusia dan jin semuanya mempunyai hati seseorang yg paling taqwa diantara kalian semua, maka hal itu tdk akan menambah sedikitpun pada keagungan kerajaanKu.
HR Muslim

Penjelasan:

1. Hadits diatas masih berkaitan tentan asma Allah yaitu Al Ghoni.
a. Sesungguhnya Allah Al Ghoni dgn DzatNya yg bagiNya kecukupan/tdk membutuhkan yg baginya kecukupan  bersifat umum dari semua sisi krn kesempurnaanNya, dan kesempurnaan sifatNya. Maka di TanganNya perbendaharaan langit dan bumi, dan perbendaharaan dunia dan akhirat.Sedangkan hamba fakir karena dzatnya, membutuhkan kpd Robnya dlm setiap keadaan.

b. Bahwasanya Allah Maha Kaya bagiNya kerajaan langit dan bumi dan apa yg ada antara keduanya.

c. Bahwa Allah Maha Kaya dari hambaNya Dia tdk menhendari darinya makanan dan minuman bahkan ketaatan.

c. Bahwa Allah dgn kesempurnaan kekayaannya dan tdk butuh makhlukNya, Dia berkuasa mampu membinasakan manusia semuanya dan menggantinya dgn makhluk yg baru.

2. Ibadah dan ketaatan adalah kebutuhan manusia.

Allah menciptakan manusia didunia dgn tujuan agar mereka beribadah kpdNya, yg manfaat dan maslahat untuk manusia sendiri krn mereka membutuhkan ibadah. Yg dgn ibadah manusia akan mendapat kebahagian hidup baik di dunia maupun akhirat.

3. Jauhilah sifat ujub.

Bahwa ujub bahayanya besar, termasuk penyakit yg berbahaya, yg bisa membinasakannya, bahkan menjadi penyebab batalnya amal, dan hinanya dari pandangan Allah.

Berkata Ar Roghib al ashfihani: ujub adalah manusia merasa dirinya berhak untuk mendapatkan kedudukan padahal dia tdk berhak atasnya.

Oleh karena itu kita tdk boleh ujub dgn ilmu dan amal, harta dan anak, pembantu dan pengikut yg banyak, pangkat dan kedudukan karena Allah hanya melihat hati dan amal yg dilaksanakan dgn ikhlas dan mengikuti petunjuk rosul.
أللهم آت نفسي تقواها و زكها أنت خير من زكاها، أنت وليها و مولاها Ya Allah berilah ketaqwaan pd jiwaku, sucikanlah ia, Engkau adalah sebaik-baik Dzat yg mensucikannya, Engkau adalah Pelindungnya.
والله أعلم
=================

Oleh: Muqimuddin Sholih

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.